Begini Cara Kerja Defogger

img-1

Berkendara saat hujan menjadi tantangan tersendiri untuk pengemudi mobil. Pada saat hujan, pengemudi harus lebih berkonsentrasi karena pandangan yang terhalang air hujan atau timbulnya embun di kaca. Berbeda dengan air hujan, embun tidak bisa dihilangkan dengan wiper. Oleh karena itu, Hyundai menghadirkan fitur defogger yang berfungsi untuk menghilangkan embun secara cepat.

Jika ada embun pada kaca mobil, Anda bisa mengaktifkan defogger dengan menekan satu tombol bergambar kabut atau tiga panah melengkung. Defogger terbuat dari kawat tipis yang bisa menghantarkan panas ketika diaktifkan. Hantaran panas itulah yang akan menghilangkan embun secara cepat. Defogger terbagi menjadi dua jenis, sesuai dengan cara kerjanya.

Defogger jenis primary umum digunakan di kendaraan roda empat pada sistem AC. Cara kerjanya, aliran udara bersih yang masuk ke bagian AC mobil untuk menjadi udara dingin, diarahkan melewati heater. Sehingga, udara tersebut berubah menjadi hangat. Suhu hangat ini dikeluarkan melalui ventilasi-ventilasi kecil di bawah sisi kaca. Udara yang hangat mampu mencegah kondensasi pada kaca mobil.

Cara kerja defogger secondary adalah menggunakan aliran arus yang sangat kecil untuk menghangatkan kaca. Saat saklar defogger menyala, maka saklar tersebut mengalirkan arus ke pemanas di bagian kaca belakang.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts