Berkendara Aman Saat Puasa

img-1

Menyetir saat puasa lebih melelahkan dibanding hari-hari biasa. Saat berpuasa, tubuh merasa lapar, dehidrasi, dan sering menyebabkan rasa kantuk. Kondisi ini dapat mengurangi fokus dan membuat pengemudi cepat Lelah. Oleh karena itu, Hyundai Gowa berbagi tips untuk persiapan mengemudi saat beribadah puasa agar tetap aman dan selamat sampai tujuan.

Istirahat Cukup

Saat bulan puasa, aktivitas terasa bertambah dan waktu istirahat menjadi berkurang. Sebaiknya, Anda tetap mengatur waktu istirahat Anda agar stamina tetap terjaga. Usahakan beristirahat 7-8 jam sehari dan hindari tidur terlalu larut.  

Konsumsi Makanan Bergizi Saat Sahur

Saat sahur dan berbuka, konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Bila perlu, konsumsi vitamin untuk membuat tubuh Anda menjadi prima. Dengan gizi yang cukup, Anda dapat beraktivitas seperti biasanya tanpa merasa kelelahan.

Pastikan Tubuh Terhidrasi yang Cukup

Perbanyak konsumsi air putih atau makanan mengandung cairan. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membantu Anda untuk tetap fokus saat menyetir.

Patuhi Lalu Lintas

Saat berpuasa, Anda harus lebih berhati-hati ketika mengemudi, karena bukan hanya Anda yang sedang berpuasa. Patuhi aturan lalu lintas dan jangan mengemudi di kecepatan tinggi agar tetap aman. Kurangnya konsentrasi mengemudi saat berpuasa, bisa beresiko kecelakaan. Oleh karena itu, kemudikan mobil di kecepatan normal saja dan tingkatkan kewaspadaan.

Hindari Pemicu Rasa Kantuk

Rasa kantuk sering hadir saat berpuasa. Hindari hal-hal yang dapat memicu rasa kantuk, seperti atur suhu AC agar tidak terlalu dingin, atau jangan menyalakan musik yang membuat Anda mengantuk.

Persiapan Sebelum Mulai Berkendara

Apabila Anda mengemudi menjelang di jam berbuka puasa, pastikan anda mempersiapkan air minum atau makanan untuk berbuka. Bila memungkinkan, Anda bisa menepi terlebih dahulu agar dapat menyantap makanan dan minuman berbuka dengan nyaman dan tenang.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts