Bolehkah Mencampur Bahan Bakar?

Mencampur dua jenis BBM bisa saja dilakukan, karena keduanya sama-sama berjenis bensin. Namun, mencampur dua jenis BBM sebaiknya tidak dilakukan, karena setiap bensin memiliki perbedaan karakteristik dan tingkat oktan yang dimilikinya. Hal ini penting untuk diperhatikan dan menjadi pertimbangan sebelum mencampur bensin, karena bisa saja terjadi beberapa dampak negatif dari mencampur bensin.  

Menurunnya Performa Mesin

Jika Anda memakai dua jenis bahan bakar, maka bisa saja bahan bakar tersebut tidak bisa melebur dengan sempurna, dan muncul residu sehingga bisa menghasilkan kerak. Akibatnya, performa mesin kendaraan akan menurun. Hal ini tentunya akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara dan menimbulkan resiko keselamatan.

Sensor Check Engine Menyala

Pengisian bahan bakar yang tidak sesuai bisa memicu sensor check engine mobil Anda menyala. Maka itu adalah pertanda bahwa ada kerusakan pada bagian mesin. Mencampur bahan bakar akan membuat sensor mendeteksi adanya bahan bakar yang bukan peruntukannya.

Tarikan Mesin Menjadi Berat

Tarikan mesin menjadi berat bisa disebabkan adanya senyawa dari kedua jenis bahan bakar yang tidak melebur dengan sempurna. Perbedaan oktan bahan bakar menjadi penyebab utama mesin menjadi berat dan mengurangi kenyamanan berkendara.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts