Fitur Hill Start Assist Permudah Mengemudi di Tanjakan dan Turunan

Bagi pengendara, jalan tanjakan atau turunan bisa menjadi tantangan tersendiri. Terlebih pada saat di tanjakan dan kondisi macet, Anda akan melakukan pengereman dan lepas rem. Hal tersebut bisa mobil mundur saat melepas rem. Kini dengan adanya kemajuan teknologi, Hyundai menghadirkan fitur Hill Start Assist (HAS) untuk melengkapi keamanan berkendara di medan menanjak dan menurun.

Hill start assist atau disebut juga hill hold control adalah fitur pengereman dengan teknologi terkini yang membantu pengemudi ketika membawa mobil di jalur menanjak atau menurun.  Fitur Hill Start Assist dapat menahan laju mobil sekitar 5 detik ketika menanjak dan menurun, sehingga pengemudi dapat memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas tanpa takut mobil bergerak maju.

Jika mobil tidak dapat melaju di tanjakan atau roda tiba-tiba berputar mundur, fitur hill hold akan bekerja dengan memberikan waktu pada kaki pengemudi untuk menginjak pedal gas. Lalu, ketika kembali menginjakkan gas, otomatis akan melepas rem selaras dengan injakan gas. 

Adanya fitur ini juga bisa mencegah aus pada mobil Anda akibat perubahan transmisi secara tiba-tiba. Selain itu, dapat mengurangi tekanan pada mesin mobil karena tidak perlu berusaha menahan gerakan mundur mobil.. Fitur Hill Start Assist menggunakan dua sensor yang dapat mendeteksi medan tanjakan atau turunan. Sensor pertama akan membaca kondisi menanjak pada mobil ketika bagian depan mobil terindikasi lebih tinggi dari bagian belakang. Sensor kedua yang membaca kecepatan putaran roda. Jadi, sensor ini mengirimkan informasi pada sistem pengereman untuk melepaskan rem secara otomatis selaras dengan tekanan gas yang diberikan pengemudi.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts