Ini Dia Menu Khas Idul Fitri, Yang Mana Favorit Kamu?

Hari Raya Idul Fitri memang memiliki banyak keunikan ketika dirayakan oleh umat Muslim. Seperti tradisi mudik, halal bihalal, dan tentunya sajian hidangan khas lebaran. Berikut ini adalah beberapa makanan yang identik dengan Idul Fitri.

Ketupat

Idul Fitri tidak lepas dari makanan khas-nya yaitu ketupat. Ketupat dibuat dari beras yang dimasak dalam bungkus anyaman daun kelapa dan berbentuk padat. Ketupat adalah salah satu hidangan yang paling diburu saat lebaran, sehingga sering dijadikan ikon dari hari raya Idul Fitri.

Opor Ayam

Untuk melengkapi ketupat, salah satu pilhan lauk yang terpopuler adalah opor ayam. Opor ayam adalah makanan yang berisi daging ayam dan direbus dalam kuah santan, dilengkapi berbagai bumbu rempah, sehingga sangat cocok dan lezat untuk disantap bersama ketupat.

Rendang

Rendang adalah kuliner khas berasal dari Padang yang sangat populer hingga mendunia. Biasanya, rendang dibuat dari daging sapi, dengan berbagai bumbu rempah seperti serai, lengkuas, kunyit, bawang, jahe, dan cabai. Rendang dihasilkan dari proses masak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan.

Nastar

Selain makanan berat, Idul Fitri juga tidak lepas dari beraneka macam kue kering, seperti nastar. Kue kering berisi selai nanas dan berbentuk bulat, memang menjadi andalan dan pasti membuat Anda kangen dengan suasana lebaran.

Kastengel

Ragam kue kering lainnya yaitu Kastengel. Berbeda dengan nastar, kastengel terbuat dari  adonan terigu dan parutan keju, sehingga rasanya dominan asin dan gurih. Kastengel dibuat dengan cara dipanggang dalam oven hingga kuning keemasan, biasanya berbentuk persegi panjang.

Putri Salju

Putri salju juga menjadi kue wajib yang ada pada saat Idul Fitri. Kue ini juga terbuat dari adonan tepung, berbentuk bulan sabit, dan diberi taburan gula halus seperti salju. Putri salju juga menjadi salah satu menu yang digemari banyak orang, karena sensasi dingin dari gula halus ketika digigit.

Jadi, yang mana nih menu favorit kamu? Hyundai Gowa mengucapkan, selamat lebaran, Gowers !

Image Source : Freepik

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts