9 Toolkit Wajib Yang Harus Ada di Dalam Mobil Kamu

img-1

Toolkit mobil adalah peralatan yang wajib dibawa pada saat berkendara, baik jauh maupun dekat. Toolkit wajib disimpan di dalam mobil karena tentunya akan diperlukan di saat yang tidak di duga-duga. Biasanya, toolkit bisa disimpan di bawah jok penumpang depan atau bagasi.

Sebagai pengendara mobil, sebaiknya Anda menyediakan beberapa barang toolkit yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa daftar peralatan yang wajib dimiliki dalam mobil.

Buku Manual

Buku manual wajib dibawa karena akan sangat berguna untuk memberi pedoman tata letak dan tata cara yang berhubungan dengan mobil Anda.

Dongkrak

Dongkrak sangat berguna untuk membantu penggantian ban saat kondisi darurat seperti ban bocor atau pecah ban.

Obeng dan Tang

Bawa obeng dengan dua jenis sisi yang berbeda, satu sisi ujung mata kembang dan satu sisi ujung minus. Obeng dapat digunakan untuk membuka panel dashboard, filter udara, dll.  Begitu juga dengan tang yang berfungsi untuk memutar atau memotong kabel kelistrikan atau selang.

Kabel Jumper

Kabel jumper berguna ketika tiba-tiba mobil kamu mogok akibat masalah kelistrikan atau aki kehabisan tenaga listrik. Jika ada kabel jumper, kamu tidak perlu repot membuka aki. 

Kamu hanya perlu menghubungkan kabel jumper dari aki mobil kamu dengan aki mobil lain. Dengan begitu, mesin mobil kamu akan menyala sehingga bisa memberi daya pada alternator untuk mengisi kembali energi pada aki. 

Salah satu tambahan yang bisa dimiliki pada mobil adalah kabel jumper. Ketika aki habis, mobil bisa dinyalakan pada kondisi darurat dengan syarat adanya mobil lain yang siap menjadi donor tenaga.

Kunci Pas

Kunci pas memiliki beberapa ukuran, yaitu sokat 8, 10, 12, dan 14. Kunci pas dapat digunakan untuk membuka dan mengencangkan mur atau membuka aki pada mobil.

Kunci Roda

Kunci roda digunakan untuk mengendurkan dan mengencangkan baut pada roda. Terdapat beberapa jenis kunci roda, yaitu kunci roda palang, kunci roda L, dan kunci roda engkol. Kini, terdapat kunci roda dengan empat ujung dan memiliki empat ukuran yang berbeda.

Segitiga Pengaman

Segitiga pengaman berfungsi untuk memberi tanda ke kendaraan lain bahwa mobil Anda sedang bermasalah. Pasang segitiga pengaman saat Anda berhenti di tepi jalan, untuk memberitahu pengendara lain supaya berhati-hati.

APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

APAR sangat penting untuk dibawa di dalam mobil untuk menghadapi situasi darurat kebakaran. Mobil bisa saja tiba-tiba terbakar akibat korsleting listrik atau ketika overheat. Pastikan APAR masih berfungsi dengan baik dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau.

Kotak P3K

Lengkapi toolkit dengan P3K berisi obat-obatan pertolongan pertama apabila terjadi cedera saat berkendara. Kotak P3K biasanya berisi cairan antiseptik atau alkohol, kain kassa, plester, gunting, dan paracetamol.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

img-5

Cara Tepat Memanaskan Mobil

Sebelum memulai perjalanan, hendaknya pengemudi terlebih dahulu memanaskan mobil. Durasi memanaskan mobil bervariasi, tergantung jenis mobil dan suhu di sekitarnya. Idealnya, cukup sekitar 30 detik