Mengenal Velg Alloy di Hyundai STARGAZER dan Hyundai CRETA

img-1

Pemilihan velg mobil akan mempengaruhi beberapa hal, yaitu performa mobil dan memberikan tampilan yang lebih menarik. Salah satu pilihan jenis velg yang sering digunakan adalah velg alloy. Velg alloy terdiri dari dua atau lebih elemen, seperti aluminium, titanium, tembaga, dan lainnya. Bahan velg alloy juga lebih ringan dan mudah untuk dibentuk menjadi berbagai model desain. Dua faktor inilah yang membuat velg alloy menjadi pilihan populer untuk merk-merk mobil ternama, termasuk Hyundai.

Kini, Hyundai menggunakan velg alloy untuk beberapa tipe mobil, yaitu STARGAZER dan CRETA. Adapun kelebihan dari velg alloy dibanding dengan velg jenis lainnya.

Meringankan Sparepart yang Bergerak

Dengan velg alloy, keseluruhan berat mobil akan lebih ringan, yang membuat sparepart pada mobil akan bergerak lebih ringan dan performa lebih stabil. Selain itu, ringannya beban mobil juga menghasilkan efisiensi bahan bakar dan kinerja pengereman serta akselerasi menjadi lebih maksimal.

Unsprung Lebih Ringan

Kelebihan dari velg alloy adalah bisa mengurangi berat pada unsprung. Unsprung mencakup berat ban, bantalan, roda, dan rem mobil. Berat unsprung yang rendah mampu mempertahankan kontaknya dengan jalan raya. Jika velg mampu mengurangi bobot unsprung, maka suspensi mobil akan bereaksi lebih cepat  dan memperbaiki traksi atau gaya gesek secara maksimal dari dua permukaan, tanpa mengalami slip ketika mobil berjalan.

Hemat Bahan Bakar

Velg alloy tergolong ringan, sehingga beban mobil tidak terlalu berat dan kinerja mesin lebih ringan. Sehingga, penggunaan bahan bakar lebih efisien

Pengereman Lebih Maksimal

Berat kendaraan yang rendah dapat meningkatkan performa rem mobil. Selain itu, velg alloy juga mengurangi “wheel hop” yang biasa terlihat pada velg kaleng. Velg alloy lebih efektif dalam meredam panas dibandingkan dengan velg kaleng, karena velg kaleng memiliki komposisi yang mudah menghantarkan panas. Dengan begitu, semakin kecil kemungkinan gagal rem dan meningkatkan keamanan selama berkendara.

Desain Lebih Beragam

Velg alloy cocok untuk berbagai jenis ban. Jika Anda menggunakan velg alloy, Anda dapat memilih lebih banyak jenis dan ragam ban. Desain dari velg alloy beragam sesuai perkembangan dunia otomotif. Seperti rally look, racing look, off-road, retro, dan lain-lainnya, sehingga bisa membuat tampilan mobil Anda lebih menarik.

Terhindar dari Korosi Karat

Bahan aluminium mampu menahan korosi dan karat dibanding velg kaleng, sehingga pemakaian velg alloy akan lebih awet dan aman.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts