Kenali Jenis – Jenis Velg Mobil

img-1

Velg mobil adalah bagian dari roda kendaraan sebagai cakram yang menopang ban mobil. Selain memberi struktur pada kendaraan, velg juga memiliki peran estetika untuk penampilannya. Oleh karena itu, velg mobil memiliki bermacam-macam desain dan ukuran yang berbeda. Pemilihan velg mobil mempengaruhi performa, kenyamanan, dan penampilan mobil Anda.

Berikut ini adalah beberapa pilihan jenis velg mobil yang umumnya digunakan sesuai dengan bahan yang digunakan.

Velg Standar

Velg standar adalah velg bawaan pabrik. Biasanya dirancang dengan tampilan sederhana dan terbuat dari baja atau aluminium.

Velg Chrome

Velg dengan lapisan chrome, memberikan tampilan yang mengkilap dan elegan. Namun, harga velg chrome cenderung lebih mahal dan membutuhkan perawatan khusus agar tetap mengkilap.

Velg Alloy

Terbuat dari campuran logam, seperti aluminium atau magnesium. Kelebihan velg alloy adalah beratnya lebih ringan dari velg standar, serta memiliki konduktivitas panas yang lebih baik untuk membantu mendinginkan rem. Velg alloy juga digunakan Hyundai Stargazer Active untuk memberi kenyamanan berkendara.

Velg Steel

Velg steel terbuat dari baja, lebih berat daripada velg alloy dan lebih murah. Velg jenis ini sering digunakan di medan yang berat.

Velg Forged

Velg forged dibuat dengan proses penempaan logam yang kuat, cenderung memiliki ketahanan terhadap beban dan biasanya digunakan pada mobil performa tinggi.

Velg Racing

Seperti namanya, velg racing digunakan khusus untuk balapan atau mobil dengan performa tinggi. Sesuai kebutuhannya, maka velg racing dibuat lebih ringan dan lebih kuat, serta desain aerodinamis untuk meningkatkan performa mobil.

Velg Offroad

Velg offroad digunakan untuk medan yang berat atau offroad. Velg ini dirancang lebih kuat dan tahan terhadap guncangan ataupun benturan.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts