5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Puasa

Saat berpuasa, tentu kita perlu mengisi tenaga lebih dari hari-hari biasa, agar kegiatan tetap berjalan lancar. Namun tanpa sadar ada beberapa kebiasaan buruk yang kita lakukan. Apa saja kebiasaan buruk saat puasa?

  1. Kurang Minum Air Putih

Kebanyakan orang sering melewatkan minum air putih, karena tergiur minuman manis. Anda diperbolehkan minum manis, namun sebaiknya awali dengan air putih untuk memenuhi cairan yang hilang saat berpuasa.

  • Konsumsi Makanan Manis Berlebihan

Saat berbuka puasa, makan dan minumlah secukupnya agar perut dapat mencerna dengan baik. Terlalu banyak makanan manis bisa menyebabkan lonjakan gula dan diabetes. Gula berlebih juga membuat Anda mengantuk menjelang ibadah solat Tarawih.

  • Melewatkan Sahur

Melewatkan sahur membuat tubuh menjadi lemas, terlebih jika harus beraktivitas padat. Sebaiknya, manfaatkan waktu sahur dengan konsumsi makanan bergizi dan cukup minum air, supaya stamina tetap terjaga.

  • Tidur Sepanjang Hari

Rasa kantuk seringkali menyerang di tengah ibadah puasa. Namun, jika tidur terlalu lama, maka bisa mengakibatkan badan tidak fit saat bangun. Anda juga perlu menghindari tidur selepas sahur, karena dapat menyebabkan asam lambung. Tunggu 2-3 jam setelah makan, agar makanan dapat dicerna dengan baik.

  • Olahraga Setelah Buka Puasa

Jangan langsung berolahraga selepas berbuka puasa. Kebiasaan berolahraga saat sehabis makan akan mengganggu pencernaan Anda.  Oleh karena itu, tunggu setidaknya 2 jam setelah buka puasa jika Anda ingin berolahraga,

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts