Mau Berkendara Nyaman? Rajin Bersihkan Bagian Ini di Mobilmu

Merawat kebersihan mobil tentu akan menambah kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, wajib bagi pemilik mobil untuk rutin melakukan perawatan kabin. Berikut ini adalah bagian-bagian pada mobil yang perlu dibersihkan secara berkala.

Jok

Salah satu bagian yang paling rentan kotoran adalah jok mobil. Jok mobil kerap terkena debu atau sisa remah-remah makanan. Pertama, bersihkan bagian jok dari sisa-sisa kotoran, lalu sedot debu dengan vacuum cleaner. Setelah itu, gosok jok dengan kain dan cairan pembersih mobil, bilas dengan kain kering. Jangan lupa buka pintu untuk menjemur jok agar lebih cepat kering.

Karpet

Selain bagian jok, karpet juga rentan terkena debu, kotoran dari alas kaki, atau sisa-sisa makanan. Lepas semua karpet dan cuci dengan cairan pembersih. Setelah itu, sikat karpet dan jemur hingga kering. Saat menjemur karpet, Anda juga bisa membersihkan bagian dasar kabin dengan vacuum cleaner.

Dashboard

Dashboard adalah bagian-bagian yang terdapat banyak panel-panel pada head unit, ventilasi AC, dan kompartemen penyimpanan. Bagian-bagian tersebut bisa saja berdebu. Gunakan lap microfiber dan cairan pembersih, lap secara perlahan dari area depan hingga ke sela-sela yang sulit dijangkau. Keringkan dengan lap baru agar tidak timbul jamur dari sisa-sisa air.

Plafon

Jangan lupa untuk bersihkan bagian plafon agar menambah kenyamanan berkendara. Untuk plafon kain, gunakan lap microfiber yang dibasahi air dan cairan pembersih, gosok secara perlahan dan keringkan. Untuk plafon beludru, bersihkan dengan cara menyemprot plafon dengan cairan pembersih, lalu keringkan dengan lap lembut.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts