Tips Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Berkendara

Tak jarang bagi pengemudi mobil diserang rasa kantuk saat berkendara. Hal ini tentu tidak boleh dibiasakan karena mengganggu produktivitas dan bisa membahayakan baik untuk pengemudi maupun penumpang. Rasa mengantuk biasa terjadi apabila kondisi pengemudi kurang fit. Untuk itu, ini beberapa tips untuk menghilangkan rasa ngantuk saat berkendara.

Bangun Tidur Lebih Awal

Pastikan tidur yang cukup apabila Anda harus mengemudi mobil. Waktu istirahat yang maksimal juga menjadikan Anda lebih sehat dan bugar, sehingga mampu untuk produktif sepanjang hari.

Perhatikan Konsumsi Makanan & Minuman

Hindari makanan dengan kandungan lemak jenuh saat akan atau sedang menyetir, serta makan dengan porsi yang terlalu banyak agar terhindari dari rasa kantuk. Apabila sering merasa mengantuk, Anda juga bisa mengkonsumsi kafein, misalnya dengan minum kopi, atau mengunyah permen karet agar tetap konsentrasi selama berkendara. Selain itu, konsumsi obat-obatan yang beresiko menimbulan rasa kantuk juga sangat perlu dihindari.

Putar Musik Up-Beat Selama Perjalanan

Putar musik yang berirama up-beat juga salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk dan membuat pengemudi jadi lebih bersemangat. Hindari musik dengan aliran pelan karena akan membuat Anda mengantuk.

Hindari Berkendara Sendirian

Sebaiknya apabila melakukan perjalanan yang cukup jauh, Anda perlu ditemani oleh teman atau saudara yang bisa menjadi teman mengobrol selama mengemudi di jalan. Berkendara sendirian akan membuat resiko mengantuk lebih besar.

Apabila Anda terpaksa menyetir sendirian dan dalam kondisi mengantuk tidak bisa tertahankan, ada baiknya menepi sejenak dan lakukan power nap selama sekitar 15 menit. Anda juga bisa melakukan peregangan tubuh agar kembali bekerja secara maksimal.

Perhatikan Pola Mengemudi

Ketahui kapasitas diri sendiri dalam berkendara, seperti dalam jarak atau durasi menyetir. Batas mengemudi yang normal dan wajar adalah selama dua setengah jam. Lewat daripada ini, sebaiknya Anda wajib melakukan stretchingterlebih dahulu supaya tidak terlalu pegal.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts