Segera Ganti Kampas Rem Jika Terjadi Hal Ini

img-1

Rem adalah salah satu perangkat pada mobil yang menjadi penentu faktor keselamatan berkendara. Oleh karena itu, komponen dalam rem harus di cek secara berkala, termasuk kampas rem. Kampas rem berguna untuk mengerem atau memperlambat gerakan roda pada mobil. Jika kampas rem habis, maka bisa mengakibatkan berkurangnya tenaga kampas sehingga rawan menabrak. Jika kampas rem telah menipis, maka segeralah untuk menggantinya dengan yang baru. Lalu, apa saja tanda-tanda kampas rem menipis?

Terdengan Suara Gesekan
Jika saat menginjak pedal rem terdengar suara berdecit, maka itu menjadi tanda kampas rem sudah habis. Bunyi berdecit timbul dari adanya gesekan besi pada cakram rem yang sudah tidak dilapisi kampas rem, sehingga hanya tersisa bagian besinya saja.

Minyak Rem Berkurang
Cek minyak rem secara berkala pada kap mobil. Jika tidak ada kebocoran tapi minyak rem habis secara drastic, maka bisa saja karena kampas rem sudah habis. Jika kampas rem habis, maka piston akan bergerak lebih keras dan atau terdorong lebih jauh dan keluar. Kondisi ini akan menambah ruang hidrolik yang ada di dalam kaliper dan membuat minyak rem menurun secara drastis.

Rem Bergetar Saat Diinjak
Rem yang bergetar saat diinjak merupakan salah satu akibat habisnya kampas rem. Getaran tersebut menandakan permukaan kampas sudah tidak rata. Jika tidak ditangani secara cepat, maka getaran juga bisa timbul pada setir, yang tentunya akan membahayakan pengendara.

Rem Tidak Pakem
Tanda kampas rem telah habis yang sangat berbahaya bagi pengendara adalah ketika rem mobil sudah terasa tidak pakem. Jika hal ini terjadi, maka Anda benar-benar harus segera mengganti kampas rem.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts