Tips Merawat Spion Mobil

img-1

Spion mobil adalah salah satu komponen penting untuk menunjang keamanan dalam berkendara. Oleh karena itu, spion mobil harus selalu bersih dan terawatt, agar pandangan pengemudi tidak terganggu. Jika spion mobil dirawat dengan cermat, maka akan menambah umur pemakaian spion serta kinerja yang optimal. Lalu, bagaimana cara merawat spion mobil?

Pembersihan Berkala
Spion mobil penting untuk dibersihkan secara berkala karena seringnya terkena debu, kotoran, atau air hujan. Lakukan secara teratur agar spion tetap bersih dan menghindari jamur atau kotoran menempel. Spion yang bersih akan menjaga visibilitas tetap optimal saat berkendara.

Pilih Pembersih Khusus
Untuk membersihkan spion, Anda harus memilih produk pembersih khusus spion mobil yang tidak mengandung bahan abrasif. Gunakan air sabun hangat dan spons lembut. Hindari menyemprot langsung ke spion karena bisa meninggalkan bekas bitnik-bintik di kaca. Setelah dicuci, keringkan kaca spion dengan lap mikrofiber secara menyeluruh. Pastikan tidak ada air atau noda yang masih tertinggal.

Hindari Sinar Panas Matahari
Parkir mobil Anda di tempat yang teduh untuk menjaga kualitas spion. Jika terpapar mataharai terus-menerus, bisa mengakibatkan pemanasan berlebih dan merusak bagian plastik atau kaca. Jika kaca spion dalam keadaan panas, maka pindahkan mobil ke tempat teduh. Jangan langsung menyiramnya dengan air dingin karena akan meninggalkan bintik pada kaca.

Gunakan Cover Spion
Anda bisa menggunakan cover spion saat mobil sedang tidak dipakai, terutama jika terparkir di luar ruangan. Penggunaan cover dapat melindungi spion dari kerusakan akibar cuaca atau sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan pada kaca.

Hindari Goresan
Hindari menggores atau menggesek spion terutama ketika mencucinya. Goresan bisa saja mengganggu visibilitas saat mengemudi. Selain itu, hindari menyentuh langsung dengan tangan, karena kotoran pada kulit bisa tertinggal di kaca spion.

Perhatikan Regulasi Penggunaan Spion
Penggunaan spion mobil harus sesuai peraturan dan regulasi lalu lintas yang berlaku, seperti ukuran, tinggi, dan posisi spion, agar tidak melanggar aturan.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts