Ide Ngabuburit Produktif Selama Ramadhan

Di bulan Ramadhan ini, umat islam sedang menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Ada satu kebiasaan khas di bulan Ramadhan, yaitu ngabuburit. Ngabuburit adalah istilah kegiatan yang dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Gowers, berikut ini Hyundai Gowa akan kasih info kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan selagi ngabuburit, baik indoor ataupun outdoor.

Memasak

Jika pada tahun-tahun sebelumnya kita biasa membeli makanan takjil di pasar ketika ngabuburit, untuk tahun ini akan berbeda. Kamu dapat membuat masakan takjil sendiri sesuai dengan kreasimu. Misalnya, kamu suka daging rendang.

Kamu tentu saja dapat menghabiskan waktu ngabuburit sembari menunggu waktu berbuka dengan membuat rendang tersebut, bersama keluarga, saudara, atau teman kos jika kamu sedang indekos. Selain lebih hemat, kamu juga mendapatkan porsi yang lebih banyak daripada membeli di pasar. Tentu saja akan higienis pula.

Rasanya kurang afdal kalau belum berbuka puasa dengan minuman segar yang menggugah selera. Berbagai minuman segar seperti es buah, es kolak, es kopyor, hingga es dawet inilah yang biasanya wajib hadir di meja makan ketika waktu berbuka tiba. Jadi, sembari menunggu waktu buka puasa, kamu juga bisa mengisi waktu mencari ide resep dan mulai mencoba berkreasi membuat minuman segar yang akan membuat momen berbukamu menjadi lebih lengkap.

Daripada beli menu masakan untuk buka puasa di luar rumah, mendingan masak sendiri bersama keluarga. Tak hanya membuat ngabuburit menjadi lebih seru, tapi masak sendiri juga lebih terjamin kebersihannya dan tentunya rasanya juga lebih lezat.

Banyak menu pilihan yang cocok untuk buka puasa, mulai dari kolak, sayur tumisan atau berkuah, lauk-pauk hingga membuat minuman segar.

Jika kamu termasuk orang yang memilih memasak sendiri untuk hidangan berbuka, kamu bisa jadikan kegiatan memasak menjadi agenda ngabuburit. Memasak biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kamu bisa memulai kegiatan memasak dua jam sebelum waktu berbuka. Kamu bisa menyiapkan hidangan utama dan juga takjil.

Membaca Buku

Membaca buku tentu memberi manfaat selama mengisi waktu kosong menjelang magrib. Kamu bisa membeli beberapa buku bacaan baru di toko buku, untuk kamu baca setiap harinya sambil ngabuburit.

Membereskan Rumah

Waktu ngabuburit bisa kamu manfaatkan untuk kamu yang malas beres-beres rumah. Selagi menunggu buka puasa, kamu bisa produktif dengan membereskan kamar atau rumah kamu yang tengah berantakan. Merapikan rumah juga dapat melepaskan stress, lho. Dengan rumah yang rapih, suasana sekitarmu jadi lebih nyaman saat berbuka puasa.

Berkebun

Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan di luar rumah adalah berkebun. Kamu bisa manfaatkan waktu ngabuburit untuk belajar bercocok tanam. Tanamlah buah-buahan, sayur-mayur, atau bunga-bunga. Dengan begitu, kamu bisa menambah kegiatan menyiram tanaman di setiap harinya menjelang jam berbuka puasa.

Berolahraga

Puasa bukan alasan untuk malas berolahraga. Kamu bisa melakukan olahraga santai sebelum berbuka puasa. Banyak olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah, seperti stretching atau yoga. Kamu juga bisa jogging atau bersepeda di sekitar rumah, atau mengikuti kelas olahraga di tempat gym.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts