10 Komponen Yang Wajib di Cek Sebelum Mudik

Idul Fitri adalah momen yang ditunggu-tunggu seluruh umat Islam. Hari Raya biasa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Bagi sebagian orang, tradisi yang dilakukan menjelang Idul Fitri adalah mudik. Jika Anda melakukan perjalanan ke kampung halaman dengan mobil pribadi, maka pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima. Sehingga, perjalanan akan terasa aman dan nyaman. Apa saja komponen mobil yang perlu diperiksa sebelum memulai perjalanan Anda?


Ban Mobil

Periksa keadaan ban mobil apakah masih layak berjalan atau sudah mulai botak. Jika ban sudah mulai botak atau aus, maka Anda perlu menggantinya. Cek juga tekanan angin ban untuk perjalanan yang nyaman, hemat bahan bakar, dan menghindari pecah ban.

Aki

Aki mobil adalah sumber utama kelistrikan mobil. Jangan sampai aki mobil bermasalah, yang mengakibatkan mesin tidak bisa dihidupkan.

Oli

Oli adalah cairan yang dibutuhkan mobil sebagai pelumas untuk pergerakan mesin dan penggerak lainnya. Jika oli sudah tidak layak pakai atau habis, maka bisa menimbulkan masalah di jalan. Periksa mulai dari oli mesin, oli transmisi, hingga oil gardan.

Shock Absorber

Periksa kondisi shock absorber atau shock breaker untuk meminimalisir guncangan di sepanjang perjalanan saat suspensi bekerja.

Rem

Wajib untuk periksa sistem rem terutama sebelum perjalanan jauh agar meningkatkan keamanan berkendara. Anda perlu memeriksa minyak rem, karena minyak rem yang kotor akan berpengaruh ke kinerja rem. Selain itu, cek kondisi kampas rem untuk menghindari rem blong dan kecelakaan.

Filter

Jangan lupa untuk periksa kondisi saringan filter pada mobil, seperti filter AC, filter udara, filter bensin, filter oli, dan filter kabin. Filter yang kotor akan memperburuk dan mengkontaminasi kinerja mesin mobil.

Wiper

Wiper memiliki fungsi penting untuk menjaga penglihatan pengemudi. Pastikan wiper berfungsi dengan baik untuk membersihkan kaca mobil agar tidak mengganggu pandangan.  

Lampu

Cek kondisi lampu, mulai dari lampu utama, lampu rem, lampu sein, dan lampu kabut. Apabila ada lampu yang bermasalah, segera ganti lampu. Bawa serta lampu cadangan untuk berjaga-jaga jika ada lampu yang mati di tengah perjalanan.

Cairan Mobil

Air radiator berfungsi untuk menjaga temperatur mesin tetap stabil. Pastikan air radiator cukup dengan batas maksimal dan tidak ada kebocoran di salurannya.

Kaki-kaki

Kaki-kami mempengaruhi kenyamanan berkendara. Perhatikan bearing roda dalam kondisi baik. Jangan sampai ada kerusakan karena dapat membuat mobil tidak dapat berjalan sebelum bearing diperbaiki.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

Ternyata Ini Jenis-Jenis Polisi Tidur

Speed bump, atau biasa disebut polisi tidur, adalah alat pembatas jalan yang dipasang melintang di badan jalan untuk memperlambat laju kecepatan kendaraan. Keberadaan polisi tidur

Penyebab Rusaknya Cat Mobil

Kerusakan cat mobil tentu mengurangi estetika tampilan kendaraan Anda. Seringkali, pudarnya cat pada mobil dikarenakan faktor yang sepele. Bagi Anda pemilik mobil Hyundai, sebaiknya hindari