Seberapa Pentingkah Balancing ?

Balancing pada roda mobil termasuk yang harus diperhatikan untuk menjaga keseimbangan distribusi berat di sekitar roda dan stabilitas kendaraan. Tujuannya, untuk memastikan berat pada kendaraan bisa terdistribusi secara merata pada roda. Apabila tidak rutin melakukan balancing, maka bisa menimbulkan resiko seperti kerusakan pada roda, bahkan kecelakaan.

Kali ini Hyundai Gowa akan memberi tahu kamu, inilah beberapa akibat yang akan terjadi jika roda mobil tidak seimbang.

Terjadi Getaran Pada Kemudi

Getaran dapat terjadi pada kemudi jika roda tidak seimbang dan mengurangi kenyamanan berkendara. Getaran akan terasa jika mobil melaju dengan kecepatan tinggi dan bisa saja membuat pengemudi hilang kendali. Hal ini tentu saja membahayakan pengemudi maupun penumpang mobil.

Kerusakan Pada Suspensi dan Kemudi

Adanya getaran yang mengganggu juga bisa merusak sistem suspensi. Sistem suspensi berfungsi untuk meredam getaran yang dihasilkan saat mobil berjalan. Semakin banyak getaran yang ditimbulkan, maka dapat merusak komponen suspensi. Selain itu, kemudi juga lebih berat dan sulit dikendalikan. Apabila sistem suspensi dan kemudi rusak, Anda harus mengatasinya dengan servis mobil yang tentunya menguras kantong.

Boros Bahan Bakar

Keseimbangan roda juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Jika roda tidak seimbang, maka mesin mobil harus bekerja lebih keras dan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Apabila Anda rajin melakukan balancing, kinerja mesin akan lebih baik dan konsumsi bahan bakar lebih hemat.

Ban Cepat Aus dan Putaran Roda Terganggu

Ban mobil yang tidak seimbang akan menyebabkan keausan. Adanya ketidaksamaan antara ban sisi kanan dan kiri, membuat putaran ban mobil juga tidak seimbang. Permukaan ban akan tergerus saat tidak ada keseimbangan. Akibatnya, ban mobil jadi lebih cepat aus.

Resiko Kecelakaan

Yang paling membahayakan dari tidak seimbangnya roda mobil adalah resiko kecelakaan yang mengancam keselamatan Anda. Roda yang tidak seimbang akan membuat mobil sulit dikendalikan, terutama pada kecepatan tinggi, dan berpotensi kecelakaan.

Keselamatan Anda saat berkendara harus menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, selalu perhatikan keseimbangan roda secara teratur untuk menjaga performa mobil dan keamanan berkendara.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

Ternyata Ini Jenis-Jenis Polisi Tidur

Speed bump, atau biasa disebut polisi tidur, adalah alat pembatas jalan yang dipasang melintang di badan jalan untuk memperlambat laju kecepatan kendaraan. Keberadaan polisi tidur

Penyebab Rusaknya Cat Mobil

Kerusakan cat mobil tentu mengurangi estetika tampilan kendaraan Anda. Seringkali, pudarnya cat pada mobil dikarenakan faktor yang sepele. Bagi Anda pemilik mobil Hyundai, sebaiknya hindari