Berapa Sisa Jarak Tempuh Saat Indikator Bensin Menyala?

img-1

Setiap pengendara mobil memiliki kebiasaan yang berbeda-beda, termasuk kebiasaan mengisi bahan bakar. Ada yang langsung mengisi bensin ketika indikator bahan bakar berada di tengah, ada pula yang menunda sampai bahan bakar hampir habis.

Pada saat bahan bakar hampir habis, maka indikator akan mengarah ke huruf E (empty) atau lampu bahan bakar menyala. Namun tahukah kamu, sebenarnya bensin dalam tangka masih tersedia beberapa liter walaupun indikator sudah menunjukkan bahan bakar habis. Berapa jarak tempuhnya?

Saat indikator berada di huruf E, mobil masih bisa menempuh beberapa kilometer. Pada mobil Hyundai, jarak tempuh bisa dilihat pada Multi Information Display di bagian “range” (jarak tempuh). Indikator biasanya menyala saat bahan bakar tersisa 5 liter, dengan asumsi 12Km/Liter, maka jarak tempuh sisa berkisar 40-60 Km. Untuk kondisi di tol, mobil Hyundai Stargazer mampu mengkonsumsi bahan bakar 20 Km/Liter, sehingga jarak tempuh aman maksimal mencapai 100 Km.

Sisa jarak tempuh ini berguna apabila Anda sedang berada jauh dari tempat pengisian bahan bakar. Anda tidak perlu panik karena masih adanya sisa isi bensin dalam tangki. Namun, sebaiknya Anda selalu berjaga-jaga untuk mengisi bensin sebelum tangka kosong, karena bisa mengakibatkan adanya endapan yang tersedot fuel pump.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts