Jangan Panik, Lakukan Ini Ketika Terjadi Pecah Ban

Salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas adalah terjadinya pecah ban. Pecah ban secara tiba-tiba pastinya membuat pengemudi panik dan bingung harus berbuat apa saat mengalaminya.  

Saat situasi seperti ini terjadi, maka Anda tidak perlu panik untuk meminimalisir resiko bahaya dan tetap dalam keadaan aman. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat pecah ban.

Tetap tenang dan jangan panik

Saat ban pecah, penting bagi Anda untuk tetap tenang dan jangan panik untuk menghindari situasi semakin buruk. Usahakan tetap mengendalikan mobil meskipun ban pecah.

Hindari Pedal Rem

Jauhkan kaki dan hindari menggunakan pedal rem. Mengerem dapat membuat mobil berputar atau terbalik karena ban yang pecah tidak dapat mencengkeram permukaan jalan secara optimal. Jika harus mengerem, Anda dapat lakukan secara perlahan.

Lepas Pedal Gas Secara Perlahan

Untuk mengurangi cepat laju mobil, lepas pedal gas secara perlahan. Jika melepaskan gas secara tiba-tiba, maka bisa berakibat mobil loncat atau terguling.

Tetap Pegang Setir

Tetap genggam setir dan pertahankan mobil tetap berjalan lurus sampai Anda menemukan tempat aman untuk berhenti. Jangan berbelok atau menikung agar laju mobil tetap stabil.

Nyalakan Lampu Hazard

Lampu hazard berfungsi untuk memberi tanda kepada pengendara lain bahwa mobil Anda sedang mengalami masalah. Nyalakan lampu hazard mulai dari saat pecah ban, sampai ke tempat pemberhentian yang aman. Biarkan menyala untuk menghindari tabrakan dan pengendara lain mengetahui bahwa Anda membutuhkan bantuan.

Pasang Tanda Segitiga Pengaman

Selain lampu hazard, Anda juga perlu memasang tanda segitiga pengaman di belakang mobil untuk memberi peringatan ke pengendara lain. Jika sudah terpasang, Anda bisa mulai untuk mengganti dengan ban cadangan, atau hubungi bengkel Hyundai Gowa terdekat untuk membantu Anda.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

Ternyata Ini Jenis-Jenis Polisi Tidur

Speed bump, atau biasa disebut polisi tidur, adalah alat pembatas jalan yang dipasang melintang di badan jalan untuk memperlambat laju kecepatan kendaraan. Keberadaan polisi tidur

Penyebab Rusaknya Cat Mobil

Kerusakan cat mobil tentu mengurangi estetika tampilan kendaraan Anda. Seringkali, pudarnya cat pada mobil dikarenakan faktor yang sepele. Bagi Anda pemilik mobil Hyundai, sebaiknya hindari