Tips Mengemudi di Tol untuk Pemula

Jalan tol menjadi tantangan tersendiri untuk para pengemudi pemula. Biasanya, pengemudi pemula akan merasa gugup ketika diharuskan berkendara di jalan bebas hambatan, karena bisa saja kecepatan mobil di atas rata-rata saat di jalan tol. Berikut beberapa tips untuk mengemudi aman di jalan tol bagi pemula.

Konsentrasi dan Hindari Melamun

Jalan tol yang lurus sering menimbulkan kebosanan dan kantuk bagi pengemudi. Kurangnya konsentrasi dan rasa kantuk sangat membahayakan untuk Anda maupun pengemudi lainnya. Anda bisa minum air putih atau mendengarkan musik untuk mengalihkan rasa kantuk dan kebosanan.

Berkendara dengan Tenang

Saat berkendara di tol, pengemudi harus tetap tenang dan tidak panik. Apabila ingin memotong jalan, nyalakan lampu sein dan tidak secara mendadak menurunkan kecepatan mobil. Pengemudi harus tetap waspada dan melihat ke spion terlebih dahulu sebelum memotong jalan.

Jaga Jarak Aman

Jaga jarak aman kendaraan Anda dengan kendaraan lainnya, baik yang di depan atau di belakang. Hal ini sangat penting untuk keselamatan berkendara. Jarak ideal antar-mobil adalah sekitar 10 hingga 20 meter atau selisih waktu dengan kendaraan di depan Anda 3 detik.

Gunakan jalur lambat

Apabila pengemudi masih merasa ragu dengan kecepatan tinggi, maka  sebaiknya Anda menggunakan jalur kiri atau jalur lambat. Kecepatan rata-rata di jalur lambat berkisar antara 60-80 km per jam.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

Ternyata Ini Jenis-Jenis Polisi Tidur

Speed bump, atau biasa disebut polisi tidur, adalah alat pembatas jalan yang dipasang melintang di badan jalan untuk memperlambat laju kecepatan kendaraan. Keberadaan polisi tidur

Penyebab Rusaknya Cat Mobil

Kerusakan cat mobil tentu mengurangi estetika tampilan kendaraan Anda. Seringkali, pudarnya cat pada mobil dikarenakan faktor yang sepele. Bagi Anda pemilik mobil Hyundai, sebaiknya hindari