Material Ramah Lingkungan yang Digunakan Pada Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5

Pada era ini Hyundai telah berhasil menciptakan mobil ramah lingkungan yang sangat dibutuhkan. Mobil IONIQ 5 produksi Hyundai menjadi salah satu mobil listrik ramah lingkungan yang unggul dalam performa sekaligus penampilan. Selain tidak memerlukan bahan bakar yang akan menghasilkan emisi, Hyundai IONIQ 5 diproduksi menggunakan material ramah lingkungan pada setiap komponennya. 

Penggunaan material ramah lingkungan pada mobil IONIQ 5 ini diharapkan dapat membantu melestarikan bumi dan meminimalisir kerusakan di bumi. Lalu, apa saja material ramah lingkungan yang digunakan pada setiap komponen mobil listrik ini? Yuk, simak di bawah ini.

Material Ramah lingkungan pada Hyundai IONIQ 5

Mulai dari pintu mobil, jok mobil, hingga hampir seluruh kabin diproduksi menggunakan material yang diambil dari alam. 

1. Penutup Klakson, Steering Wheel, dan Switch

Salah satu material ramah lingkungan yang digunakan pada mobil Hyundai IONIQ 5 yaitu Hyundai memanfaatkan biji bunga dan jagung dalam pembuatan komponen mobil. Anda ketahui bahwa penggunaan bahan atau material yang berasal dari alam akan sangat membantu meminimalisir adanya sampah yang sulit terurai.

Pemanfaatan biji sebagai material utama ini dilakukan guna memproduksi beberapa komponen seperti penutup klakson, switch, door trim, steering wheel, dan lain sebagainya. Material tersebut diolah sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan komponen mobil yang layak digunakan.

2. Cover Jok Mobil

Biji rami dan juga botol plastik Polietilena Tereftalat (PET) juga ikut andil dalam terciptanya mobil Hyundai IONIQ 5. Biji rami diekstrak menjadi minyak dan dicampurkan dengan botol plastik sehingga menghasilkan jok mobil yang nyaman digunakan.

Kurang lebih terdapat 32 botol plastik yang diproses mulai dari pensterilan, dihancurkan, dan juga diparut sehingga menjadi serpihan plastik. Serpihan tersebut kemudian dicairkan dan dipintal untuk dijadikan benang dan dibuat menjadi kain pelapis. Selain menggunakan minyak biji rami dan juga botol plastik, jok cover mobil juga dibuat dengan campuran wol untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna.

3. Pintu Mobil

Kertas high-density polyethylene (HDPE) juga ikut andil dalam proses pembuatan mobil Hyundai IONIQ 5. Kertas ini didaur ulang dan juga diproses sedemikian rupa untuk membuat setiap pintu mobil. Pintu pada mobil Hyundai IONIQ 5 ini menggunakan 100 persen kertas high-density polyethylene yang hampir sama kualitasnya dengan kertas tradisional korea yang memiliki tekstur yang cukup ringan.

4. Cat Pintu Mobil

Penggunaan material ramah lingkungan lainnya yakni pada cat yang digunakan perusahaan Hyundai. Mereka membuat cat alami dengan menggunakan bunga lobak dan jagung untuk mengecat bagian pintu dan juga bantalan benturan (crash pad). Bunga lobak dan jagung diekstraksi menjadi cairan atau minyak yang dapat digunakan sebagai cat alami pada mobil Hyundai IONIQ 5.

Dengan penggunaan bahan alami sebagai cat mobil, maka diharapkan dapat melindungi lingkungan dari tercemarnya lingkungan akibat bahan-bahan kimia. Tidak hanya itu saja, pemanfaatan bahan alami untuk pembuatan mobil juga akan menjadi salah satu hal menarik bagi Hyundai IONIQ 5 ini.

5. Magnetik dan Karpet Mobil

Tanaman tebu yang sebelumnya hanya difungsikan sebagai minuman dan penghasil gula, ternyata saat ini dapat dimanfaatkan menjadi material mobil. Perusahaan Hyundai berhasil mengolah tanaman tebu menjadi material mobil.

Komponen bagian magnetik, headlining, dan juga karpet pada mobil Hyundai IONIQ 5 ini menggunakan bahan tanaman tebu yang didaur ulang sampai berbentuk serat dan benang.

Kelebihan Hyundai IONIQ 5 Untuk Menjaga Lingkungan 

Hyundai IONIQ 5 dibuat dan diciptakan sebagai salah satu mobil yang ikut andil dalam keselamatan dunia. Menjadi mobil listrik yang diproduksi dengan material ramah lingkungan membuat IONIQ 5 banyak dilirik oleh peminat mobil. Jadi, apa kelebihan dari Hyundai IONIQ 5 ini dibandingkan mobil lainnya? Berikut ini penjelasannya.

1. Tidak Menggunakan BBM

Seperti yang Anda ketahui bahwa mobil Hyundai IONIQ 5 merupakan mobil listrik yang tidak memerlukan bahan bakar. Mobil Hyundai satu ini hanya memerlukan listrik agar dapat bekerja dan berjalan seperti halnya mobil pada umumnya.

Dengan memiliki mobil listrik ini, maka Anda sudah tidak memerlukan bahan bakar lagi.  Salah satu kelebihan kendaraan listrik adalah tidak menghasilkan emisi yang akan menjaga kestabilan keramahan lingkungan, terutama terciptanya kualitas udara yang lebih baik. Maka dari itu, Hyundai IONIQ 5 ini diklaim menjadi mobil unggulan ramah lingkungan.

2. Menggunakan Material Ramah Lingkungan

Seperti yang Anda ketahui, hampir seluruh komponen mobil Hyundai IONIQ 5 menggunakan bahan dengan material yang ramah lingkungan. Penggunaan bahan alami dan daur ulang pada setiap komponen Hyundai IONIQ 5 menjadi kelebihan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi para peminat mobil listrik.

Penggunaan material yang ramah lingkungan tentunya akan sangat bermanfaat bagi bumi. Dengan menggunakan bahan dan material yang ramah lingkungan ini, Hyundai berkontribusi dalam meminimalisir kerusakan lingkungan seperti polusi dan sampah yang berlebih.

3. Pengisian Baterai Ultra Cepat

Kelebihan lain yang terdapat pada Hyundai IONIQ 5 yaitu pengisian baterai yang tergolong cepat. Dengan durasi waktu yang singkat dalam pengisian baterai, maka penggunaan listrik pun akan dapat diminimalisir. Hal tersebutlah yang menjadikan Hyundai IONIQ 5 sebagai sebuah terobosan baru dalam dunia otomotif.

Itulah material-material ramah lingkungan yang digunakan pada Hyundai IONIQ 5 dan juga kelebihannya bagi lingkungan. Dengan adanya mobil listrik Hyundai IONIQ 5 ini diharapkan dapat membantu menyelamatkan Bumi dari polusi dan juga sampah yang sulit terurai.

SOURCE : Material Ramah Lingkungan yang Digunakan Pada Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

Ketahui Fungsi Lampu Hazard Pada Mobil

Lampu hazard merupakan salah satu yang fitur mobil yang bisa digunakan dalam situasi genting dan darurat. Untuk menyalakan lampu hazard, cukup tekan tombol dengan symbol