Hyundai dan LG Resmikan Pabrik Baterai, Presiden Jokowi Bilang Begini

Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution Ltd memulai pembangunan pabrik sel baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Karawang New Industry City, Jabar (15/9/2021).

Seremonial peletakan batu pertama dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Serta didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Turut hadir Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia. Kemudian CEO Battery Cell joint venture, Hong Woo-pyeong, dan Head of Asia-Pacific headquarters Hyundai Motor Company, Youngtack Lee.

“Pemerintah Indonesia memberikan dukungan atas pengembangan ekosistem industri baterai dan kendaraan listrik. Pemerintah juga akan terus menggulirkan reformasi struktural untuk memberikan kepastian hukum,”

Lebih lanjut Ia mengatakan, groundbreaking ini adalah tindak lanjut dari kunjungannya dua tahun lalu ke Busan, Korea Selatan dan bertemu langsung para pengusaha besar di negara itu.

“Saya berharap kolaborasi antara perusahaan Korea Selatan dengan perusahaan Indonesia makin kuat, serta melibatkan usaha mikro, kecil, dan usaha menengah di Tanah Air,” imbuhnya.

Pada saat yang bersamaan, Euisun Chung, Chairman Hyundai Motor Group; Sung Hwan Cho, President & CEO Hyundai Mobis; dan Jong-hyun Kim, President & CEO LG Energy Solution, juga menghadiri seremonial ini secara virtual dari Korea.

“Hyundai Motor Group terus fokus mengembangkan kemampuannya agar dapat menjadi pemimpin global di pasar kendaraan listrik, yang mana menjadi kunci daya saing di masa depan. Keberadaan pabrik ini adalah bagian dari upaya tersebut,” ungkap Euisun Chung, Chairman Hyundai Motor Group.

Pun begitu, disampaikan Jong-hyun Kim, President & CEO LG Energy Solution. “Dimulai dari kehadiran pabrik ini, ekosistem kendaraan listrik akan dapat sukses terbangun di Indonesia seiring dengan pengembangan dari berbagai industri terkait,”

“Lebih jauh lagi, kami berharap Indonesia dapat memainkan peran penting di pasar kendaraan listrik di ASEAN. Hari ini menandakan langkah besar dalam memulai era baru industri baterai untuk kendaraan listrik di Indonesia.”

Masih menurut Jong-hyun Kim, melalui kemitraan joint venture tersebut, pihaknya selangkah lebih maju dalam membangun rantai pasokan komprehensif kendaraan listrik yang pertama di dunia.

Ia juga menambahkan, LG Energy Solution akan melakukan yang terbaik untuk mengembangkan fasilitas manufaktur sel baterai Bersama, agar menjadi basis utama dalam memenangkan pasar kendaraan listrik global. (Sumber : Otomotifnet.com)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

One Response

  1. I think this site has got some very good information for everyone :D. “We rarely think people have good sense unless they agree with us.” by Francois de La Rochefoucauld.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts

Rally Belgium and Acropolis

Rally Belgium (Round 8) Aug 13-15 Emphatic 1-2 result in WRC Rally Belgium Winning debut in WRC 2 On its competitive debut in a WRC